Pages

Sunday, May 19, 2019

Tata Cara Pernikahan Islami




Tata Cara Pernikahan Islami - Di saat sudah ada rencana memantapkan hati, untuk menyelenggarakan pernikahan, sebaiknya lakukan dengan persiapan pernikahan yang matang. Jika ingin diadakan resepsi pernikahan (Walmatu al-Ursy), biasanya setelah terjadinya akad nikah.



Resepsi pernikahan ketika diselenggarakan, tidak perlu mewah untuk anda yang memiliki budget rendah. Yang penting diselenggarakan saja dengan bentuk yang lebih sederhana, apalagi berlebihan sehingga kesan sombong terlihat kentara. Adapun tata cara pernikahan dalam Islami, adalah sebagai berikut:

1. Kedua mempelai harus saling ridha, tidak ada yang dipaksa dan terpaksa. Pastikan wali dari pihak wanitanya adalah dua orang yang amanah.

2. Disarankan adanya Khutbatul Hajah sebelum akad nikah, khutbatul hajah adalah bacaaan yang harus dibaca saat melaksanakan acara penting. Anjuran dari hadis Ibn Mas'ud r.a, khutbatul hajah, "Dibaca sebelum akad nikah bukan ketika walimah. (A’unul Ma’bud Syarh Sunan Abu Daud, 5:3 dan Tuhafatul Ahwadzi Syarh Sunan Turmudzi, 4:201). Wallahu a’lam.

3. Membaca surat Al-Fatihah sebelum melangsungkan akad ikahnya

Saturday, May 18, 2019

Persiapan Pernikahan Apa Saja?




Persiapan Pernikahan Apa Saja - Pernikahan adalah hal yang paling dinantikan, oleh sepasang anak adam dan hawa di dunia. Karena pernikahan adalah ending dimana relationshipnya menjadi goal. Karena pernikahan tidak bisa dilakukan sembarangan, memerlukan persiapan yang matang untuk satu hari yang sempurna. Ada baiknya anda melakukan langkah-langkah berikut ini, agar tidak salah nantinya.



1. Matangkan rencana dengan detail

Setelah memutuskan serius untuk menikah, langsung matangkan rencana dan konsepnya. Jika dibantu vendor, maka segera memilih yang terbaik agar tidak menyesal nantinya. Berapa tanggal pernikahan yang telah disepakati, tidak hanya oleh kedua pasangan tapi juga dua keluarga besar.

Mintalah pendapat bagaimana konsep pernikahannya, apa yang diinginkan dikombinasikan agar tidak terjadi salah paham.

2. Mengurus surat menyurat proses pernikahan

Friday, May 17, 2019

Pernikahan Beda Agama





Pernikahan Beda Agama - Pernikahan beda agama adalah, pernikahan yang dilakukan oleh dua orang yang memutuskan menikah tetapi berbeda keyakinan. Misalnya yang satu agamanya Islam dan yang satunya Kristen.

Dalam pernikahan beda agama menjadi urusan yang sangat rumit, tidak hanya perkara duit, tapi juga administrasi yang jelas pasti lebih besar biayanya dibandingkan dengan yan seagama. apalagi menurut UU Nomor 1 Tahun 1974 mengenai perkawinan, jika perkawinan dianggap sah di mata negara apabila sesuai dengan ajaran agama masing-masing.



Bagaimana cara menikah beda agama?

Menurut guru besar HUkum Perdata Universitas Profesor Wahyono Darmabrata, ada 4 cara agar orang yang menikah beda agama bisa menikah, adalah:

1. Meminta penetapan pengadilan
2. Menikah menurut agamanya masing-masing
3. Menurut kepada salah satu agama untuk sementara
4. Melakukan pernikahan di luar negeri

Thursday, May 16, 2019

Pernikahan Aura Kasih dan Eryck



Pernikahan Aura Kasih dan Eryck - Aura kasih, artis yang memiliki bakat menyanyi dan akting ini mempunyai nama asli Shahiyani Febri Wiraatmadja. Lahir di Bandung, 26 Februari 1987, dengan tinggi 1, 71 m. Album yang pernah diterbitkan oleh Aura Kasih, memiliki judul Malaikat Penggoda dan Puncak Asmara.



Tidak terendus oleh media pernikahan Aura Kasih dan Eryck Amaral, sudah berlangsung sejak 22 Desember 2018 lalu. Aura Kasih resmi dipinang oleh Eryck Amaral, pemuda berkebangsaan Brazil yang membuat Aura Kasih jatuh hati. Beberapa bulan setelah menikah, Aura Kasih langsung dieri momongan dan hari ini tengah menantikan kehadiran sang buah hati.

Mari kita intip fakta yang terjadi saat pernikahan Aura Kasih:

1. Suami Aura Kasih berasal dari Brazil

Eryck Amaral, adalah nama dari suami artis cantik Indonesia Aura Kasih yang ternyata bukan orang Indonesia. Jodoh memang nggak kemana, meskipun bukan orang Indonesia kalau Tuhan sudah menghendaki ya jadilah. Eryck ternyata memiliki profesi sebagai seraong model.

2. Eryck Amaral lebih mudah dari Aura Kasih

Wednesday, May 15, 2019

Pernikahan Adat Sunda Modern




Pernikahan Adat Sunda Modern - Pernah melihat pernikahan adat sunda sebelumnya? Oh ya, artis bersuara emas Raisa melakukan pernikahannya dengan adat sunda, karena Raisa berasal dari sunda.  Ada beberapa hal yang perlu dilakukan, untuk melaksanakan pernikahan adat sunda syari. Jika kamu penasaran, simak di bawah ini yuk tahapannya:

1. Neundeun Omong



Ini seperti dengan pernikahan adat Jawa, yang mana lelakinya datang ke rumah calon perempuan untuk melakukan neundeun omong. Wali dari pihak lelaki, akan mengutarakan kepada orangtua calon mempelai perempuan soal status perempuan dan laki-laki yang sudah sama-sama serius. Lantas keduanya bisa menentukan hari untuk lamaran.

2. Narosan

Narosan adalah sebutan lamaran dari pernikahan adat sunda raisa, dimana prosesi ini akan lebih sedikit resmi. Karena pihak laki-laki akan membawakan cincin, sirih, makanan, pakaian perempuan untuk dibawa ke kediamannya. Nanti setiap keluarga, akan memilih juru bicara sebagai perwakilan. Narosan dilakukan, untuk mengikat kedua belah pihak agar tidak menerima lamaran dari pihak yang lain.

3. Nyandakeun

Tuesday, May 14, 2019

Pernikahan Dini di Indonesia




Pernikahan Dini di Indonesia - Pernikahan dini adalah pernikahan yang dilakukan, ketika usia anak-anak belum dikatakan matang dan dewasa. Meski mereka telah remaja, tetapi belum bisa dikatakan dewasa. Usia pernikahan di Indonesia, sudah ada aturannya dalam Undang-undang pasall 7 ayat 1 Nomor 1 Tahun 1974. Dimana menyebutkan batas minimal usia seseorang yang akan menikah, laki-laki dan perempuan ada tiga level sesuai dengan Bab II mengenai syarat perkawinan.



Level pertama dalam Pasal 6 ayat (2) adalah usia 21 tahun, mendapatkan restu dari orang tua. Sementara level kedua adalah di bawah usia 21 tahun. Yang laki-laki usia 19 tahun dan yang perempuan 16 tahun sesuai dengan pasal 7 Undang-undang perkawinan. Level ketiganya adalah usia di bawah 19 tahun dan 16 tahun. Keduanya harus meminta dispensasi kepada pengadilan dan pejabat setempat, bahwa kedua orang tuanya merestui.

Dari hal-hal tersebut, mengapa pernikahan dini tidak disarankan adalah karena:

1. Pernikahan dini risiko keguguran lebih besar

Perempuan yang menikah, berarti sudah siap secara fisik dan mental. Organ tubuhnya yang belum matang sempurna, bisa jadi membuat organ tidak bisa berkembang dengna maksimal dan baik. Oleh sebab itu kedokteran menyatakan, risiko keguguran jauh lebih besar.

2. Usia muda membuat tekanan darah lebih tinggi

Monday, May 13, 2019

Pernikahan Adat Jawa Tengah




Pernikahan Adat Jawa Tengah - Pernikahan adalah bukti cinta yang paling mulia, dan ditunggu-tunggu oleh kaum wanita. Dimana pasangannya bersedia, membersamai selamanya dalam masa yang panjang. Bukan hanya antara aku dan kau, tetapi antara dua keluarga besar yang bersatu.



Prosesi pernikahan adat Jawa sederhana, memiliki beberapa tahapan, jika kamu sedang akan melaksanakan pernikahan dan mencari informasi seputar pernikahan adat Jawa asli, semoga informasi ini membantu ya?

1. Serah-serahan

Langkah pertama dalam pernikahan adat Jawa adalah, keluarga calon mempelai laki-laki mendatangi kediaman calon mempelai wanita. Dengan tujuan untuk melamar putri dari keluarga tersebtu, menjadi istri dari putra kesayangan mereka. Biasanya sembari mengutarakan niat baik itu, keluarga laki-laki akan membawa yang namanya serah-serahan. Sebagai makna tanda bukti keseriusannya menuju jenjang yang lebih serius. Ada cincin, makanan tradisional, buah-buahan, dan lain sebagainya.

2. Siraman

Siraman adalah ritual yang dilakukan  untuk membersihkan jiwa pengantin, diselenggarakannya sebelum akad nikah. Antara satu dua hari sebelum pernikahan, dan dilaksanakan di rumah mempelai wanita. Calon pengantin nantinya akan memohon doa restu kepada orangtua.

3. Paesan atau ngerik

Sunday, May 12, 2019

Pernikahan Ahok yang Kedua




Pernikahan Ahok yang Kedua - Setelah bercerai dengan Veronica Tan, tidak ingin berlama-lama menduda akhirnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menikah dengan Puput Nastiti Devi. Disinyalir dari news.detik.com jika kabar pernikahannya Ahok berlangsung 15 Februari 2019.



Ahok BTP menikahi mantan polwan, yang juga mantan ajudan dari istri Ahok, Veronica Tan. Dimana setelah perceraian dengan Veronica, Puput sering mengunjungi Ahok di Rutan Mako Brimob dan membawakan makanan. Kedekatan tersebut berlangsung hingga, cintapun jatuh di antara keduanya. Gayung bersambut, lantas Ahok setelah keluar dari Rutan kemudian menikah dengan Puput.

Berikut 4 fakta mengenai pernikahan Ahok dengan Puput:

1. Puput pindah agama demi Ahok

Menurut Lurah Pasir Gunung Selatan, Aslih Sinten mengabarkan jika berkas yang ditandatangani oleh Pupu, adalah sudah pindah agama. Dokumen administrasinya lengkap. Dari yang Islam, berpindah sama dengan agama yang dianut Ahok.

2. Mundurnya Puput dari jajaran kepolisian

Saturday, May 11, 2019

Pernikahan Dalam Islam Adalah



Pernikahan Dalam Islam Adalah - Pernikahan dalam syariat Islam, masih banyak yang salah kaprah dalam mengetahui maknanya. Cukup banyak yang justru melakukan hubungan yang tidak halal, seperti pacaran. Maka agar berkah dalam semuanya, sebaiknya pernikahan dibawa dalam hal yang baik. Dalam Islam sendiri, ada beberapa tahapan sebelum pernikahan atau ijab qobul dilangsungkan, seperti:

1. Ta'aruf

Taaruf adalah berkenalan dengan pasangan, calon yang akan menjadi pasangan kita. Mengambil teladan dari Rosullullah, proses menuju pernikahan beliau biaasnya melalui para wali pihak wanita atau perantara pihak ketiga, yang dapat dipercayai.



Momen mengenal calon pasangan ini disebut taaruf, dilakukan harus melibatkan pihak ketiga sebagai pendamping untuk prosesnya. Dengan perantara tersebut, keduanya akan saling mengenali dari asal usulnya, keturunan, keluarganya, akhlaknya, kesukaannya apa dan lain sebagainya. Proses taaruf ini, diharapkan untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Nazhar

Friday, May 10, 2019

Pernikahan Syahrini dan Reino Barack




Pernikahan Syahrini dan Reino Barack - Siapa yang tidak kenal Syahrini? Penyanyi di industri musik tanah air yang, pernah duet dengan Anang Hermansyah. Syahrini memiliki nama asli Rini Fatimah Jaelani, dan memulai karirnya di tahun 2008 dengan menyenandungkan album kompilasi di film Coklat Stroberi.

Pernikahan Syahrini dan Reino Barack


Lahir di Sukabumi, 1 Agustus 1982 Syahrini kini genap berusia 36 tahun. Ada yang menarik di pernikahan Syahrini Februari lalu, karena Syahrini menikah dengan Reino Barack di Tokyo, tepatnya masjid Camii.
           
Karena tidak mudah terendus oleh media, di Tokyo pun dijaga dengan ketat. Syarini dan Reino mengumumkan kabar bahagia tersebut di Penthouse Grand Hyatt Hotel, Tanah Bang, Jakarta Pusat. Nah apa sih fakta pernikahan syahrini dan Reiino? Intip yuk:

1. Reino memberikan mahar sederhana

Reino Barack memberikan seperangkat alat sholat dan seperangkat perhiasan kepada Syahrini pada pernikahannya.

2. Ijab Kabul dibacakan satu kali saja

"Suami membacakan akad nikah satu kali jalan, luar biasa," ungkap Syahrini dalam pertemuan dengan pers waktu itu.

3. Pernikahan yang tertutup dan sakral