Breaking News

Pernikahan Adat Jawa Tengah




Pernikahan Adat Jawa Tengah - Pernikahan adalah bukti cinta yang paling mulia, dan ditunggu-tunggu oleh kaum wanita. Dimana pasangannya bersedia, membersamai selamanya dalam masa yang panjang. Bukan hanya antara aku dan kau, tetapi antara dua keluarga besar yang bersatu.



Prosesi pernikahan adat Jawa sederhana, memiliki beberapa tahapan, jika kamu sedang akan melaksanakan pernikahan dan mencari informasi seputar pernikahan adat Jawa asli, semoga informasi ini membantu ya?

1. Serah-serahan

Langkah pertama dalam pernikahan adat Jawa adalah, keluarga calon mempelai laki-laki mendatangi kediaman calon mempelai wanita. Dengan tujuan untuk melamar putri dari keluarga tersebtu, menjadi istri dari putra kesayangan mereka. Biasanya sembari mengutarakan niat baik itu, keluarga laki-laki akan membawa yang namanya serah-serahan. Sebagai makna tanda bukti keseriusannya menuju jenjang yang lebih serius. Ada cincin, makanan tradisional, buah-buahan, dan lain sebagainya.

2. Siraman

Siraman adalah ritual yang dilakukan  untuk membersihkan jiwa pengantin, diselenggarakannya sebelum akad nikah. Antara satu dua hari sebelum pernikahan, dan dilaksanakan di rumah mempelai wanita. Calon pengantin nantinya akan memohon doa restu kepada orangtua.

3. Paesan atau ngerik


Setelah siraman, paes dilakukan di kamar calon mempelai pengantin perempuan. Ibu calon emmpelai dan sesepuh lainnya juga mengikuti. Sementara ngerik ini dilakukan, untuk menghilangkan rambut halus di sekitar dahi calon mempelai agar tampak berseri.

4. Dodol dawaet



Acara ini dilakukan, yang berjualan adalah ibu calon mempelai perempuan yang dipayungi ayah calon mempelai perempuan. Yang berperan sebagai pembeli adalah saudara yang hadir dan tamu. Uang jual belinya menggunakan genting, diharapkan pas pernikahan nanti tamunya banyak dan rejeki keberkahannya mengalir terus

5. Midodareni

Widodari atau bidadari adalah ucapara setelah siraman pada malam hari. Berharap calon mempelai perempuan, di saat pernikahan akan secantik Dewi Widodari dan calon mempelai pria akan bertandang ke rumah sebagai bukti memperat tali silaturahminya.

6. Upacara panggih



Adalah upacara dimana rombongan mempelai pria datang ke rumah calon pengantin wanita, dan berhenti di depan pintu masuknya. Di sisi rombongan mempelai lelaki akan ada dua orang lelaki mudan dan 2 orang ibu membawa bunga, yang disebut kembar mayang. Nanti kembar mayang akan dibuang di jalan dekat, agar upacara pernikahan berlangsung lancar.

7. Upacara balang suruh

Mempelai perempuan dan laki-laki nantinya akan berjarak lima langkah, keduanya akan saling melempar daun suruh atau sirih ini yang sudah diisi dengan kapur sirih dalam ikatan benang. Keduanya saling tersenyum, hal ini dimaksudkan untuk mengursi roh yang berniat jahat.

Jadi demikiannya kurang lebih pernikahan adat Jawa modern hijab. Semoga dapat membantu.


1 comment:

  1. Hubungi : 0822 – 9914 – 4728 (Rizky)
    Menikah adalah tujuan dan impian Semua orang, Melalui HIS Graha Elnusa Wedding Package , anda bisa mendapatkan paket lengkap mulai dari fasilitas gedung full ac, full carpet, dan lampu chandeliar yg cantik, catering dengan vendor yang berpengalaman, dekorasi, rias busana, musik entertainment, dan photoghraphy serta videography.
    Kenyaman dan kemewahan yang anda dapat adalah tujuan utama kami.

    ReplyDelete